Jumat, 09 Oktober 2009

Proses Komunikasi

Ada enam tahap dalam melakukan proses komunikasi, Yaitu:
1. Tahap ideasi(ideation):
proses penciptaan gagasan atau informasi yang di lakukan oleh si pengirim pesan(komunikator)
2. Tahap encoding:
Tahap penyusunan gagasan/informasi dalam serangkaian bentuk simbol/sandi yang dirancang untuk dikirimkan kepada komunikan. simbol/sandi dapat berupa kata-kata(lisan/tertulis), gambar(poster/grafik), atau tindakan.
3. Tahap pengiriman:
melalui thap ini gagasan/pesan yang telah disimbolkan atau disandikan dikirim melalui saluran dan media komunikasi yang tersedia.
4. Tahap penerimaan
setelah pesan dikirim melalui media komunikasi maka selanjutnya diterima oleh komunikan. proses penerimaan meliputi kegiatan mendengarkan, membaca, atau mengamati sesuai dengan salurn media yang digunakan.
5. Tahap decoding
pada tahap ini pesan yang di terima diinterpretasikan, dibaca, diartikan, dan diuraikan secara langsung atau tidak langsung.
6. Tahap Tindakan
Tindakan yang dilakukan oleh komunikan sebagai respon terhadap pesan-pesan yang diterima antara lain:
a. Respons langsung(direct response) yaitu respon yang tidak memerlukan jangka waktu yang lama yang diberikan langsung kepada komunikan.
b. Respons tidak langsung(indirect, response) yaitu respon yang memerlukan jangka waktu atau respon yang tertunda karna memerlukan media.
c. Respon yang kurang dimengerti(zero respons) yaitu respon yang tidak dimengerti oleh pihak komunikator.
d. Respon yang dapat dimengerti (positive response) yaitu jawaban/tindakan yang diberikan oleh komunikan sesuai dengan keinginan komunikator.
e. Respon yang bersifat netral(neutral response) disini komunikan tidak memberikan respon sesuai dengan keinginan komunikator.
f. Respon yang bersifat negatif(negative response) disini respon yang diberikan oleh pihak komunikan tidak mendukung pesan komunikator(menentang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar