Senin, 12 Oktober 2009

Administrasi dan Manajemen

Mendeskripsikan administrasi dan manajemen
1. Pengertian Administrasi
Administrasi berasal dari bahasa latin: Ad=intensif dan ministrare= melayani, membantu, dan memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu dan melayani , mengarahkan atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.

Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama gunu menyelesaikan tugas bersama(simon, 1958).

Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha kelompok dan individu guna mencapai tujuan bersama(Newman, 1963).

1. pengertian administrasi dalam bahasa indonesia ada dua yaitu:Administrasi dalam arti sempit berasal dari bahasa belanda "Administrate" yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit yaitu sebagai kegiatan penyusunan dan pencatatan data dabn informasi secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan. Administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan tata usaha. (catat-mencatat, mengetik, menggadakan dan sebagainya). kegiatan ini dalam bahasa inggris disebut: Clerical works (FX. Soedjadi, 1989).

2. Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa inggris "administration" yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P Siagian, 1973).
pengertian lain dari administrasi secara luas adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dala stuktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

2. Fungsi Administrasi
Menurut Quible (2001) ada lima jenis fungsi pendukung administrasi perkantoran
1. Fungsi Rutin, yaitu administrasi perkantoran yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan. biasanya fungsi ini dilaksanakan oleh staff administrasi yang bertanggung jawab atas kegiatan administrasi sehari-hari.
2. fungsi teknis, yaitu fungsi administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang memadai, seperti bisa menggunakan beberapa program aplikasi komputer. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh staff administrasi yang tergabung dalam departemen teknologi informasi.
3. Fungsi analisis, yaitu fungsi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif, disertai kemampuan untuk mengambil keputusan seperti membuat dan menganalisis laporan dan membuat keputusan pembelian. Fungsi ini biasanay dilakukan oleh seorang manajer yang bertanggung jawab mensupport keputusan yang akan dibuat oleh atasannya.
4. Fungsi interpersonal, yaitu fungsi yang membutuhkan penilaian dan analisis dasar pengambilan keputusan, serta keterampilan yang berhubungan dengan orang lain, seperti mengkoordinasikan tim proyek. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh staff administrasi sebagai jenjang karier sebelim naik menjadi manajer pada suatu organisasi.
5. Fungsi manajerial, yaitu fungsi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian,pengukuran dan pemotivasian, seperti pembuatan anggaran dan pengevaluasian karyawan. biasanya fungsi ini dilakukan oleh staff setingkat manajer yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan sistem dan prosedur administrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar